Wednesday, 29 May 2013

Muhammad Ath Thaariq 19:26
Stasiun mati di jalur aktif di DAOP 6 JOGJA.
1.STASIUN KALIMENUR (KLR) +35 m dpl.
Stasiun Kalimenur merupakan stasiun tak aktif yang terletak di Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo, tepatnya di antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates. Stasiun ini kini kondisinya lusuh dan kesepian, karena sudah sekitar 35 tahun lalu beroperasi. Stasiun berhenti beroperasi pada 1974 dan dianggap tak layak lagi meski hanya untuk pemberhentian kereta berkecepatan tinggi.

Sejarah

Stasiun ini diperkirakan dibangun pada masa yang sama dengan pembangunan jalur rel Surabaya-Cilacap, sekitar 1876-1888. Hingga masa revolusi, Stasiun Kalimenur menjadi salah satu Stasiun yang riuh dengan penumpang menunggu Kereta Uap yang sering disebut sebagai Sepur Bumel atau Sepur Grenjeng. Yang Unik, Stasiun ini dulu juga disebut sebagai Stasiun Tahu, karena mayoritas penumpangnya adalah penjual Tahu dari Tuksono, Sentolo yang hendak jualan ke Yogyakarta atau Kutoarjo.

Pada masa revolusi sekitar 1948, Stasiun ini pernah dibom oleh Belanda, hingga hampir hancur. Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) kemudian membangun kembali, dan meresmikan Stasiun Kalimenur menjadi Stoplat (Stasiun Mini) pada 1954.

2.STASIUN GROMPOL +87 m dpl.
 stasiun ini terletak antara perbatasan Kab.Karanganyar dan Kab.Sragen tepatnya di sebelah pas pupuk sriwijaya.kondisi ini sangat memprihatinkan ,stasiun ini di jadikan kandang kambing oleh warga sekitar.

3.STASIUN MONTELAN

 STASIUN MONTELAN SAAT MASIH AKTIF .
 akibat jalur double track SK-KTA stasiun ini mati.

4.STASIUN KETANDAN
STASIUN KETANDAN SAAT INI
sama seperti stasiun montelan stasiun ini mati akibat double track SK-KTA.

5.STASIUN KEDUNDANG
STASIUN KEDUNDANG SAAT INI.
sama seperti stasiun montelan stasiun ini juga mati akibat double track SK-KTA.


6.STASIUN SEDAYU

Stasiun Sedayu Adalah Stasiun yang Sudah Tidak aktif,Tetapi Persinyalan Bantu Tetapi Kereta langsung stasiun ini dan tidak berhenti.

Description:
Reviewer: Muhammad Ath Thaariq
Rating: 4.0
ItemReviewed:

No comments: